Add My Facebook
Muslima Dressmaker
NinaDee
WA: 081217939095

Hai, Salam kenal..
Syukron sudah mampir & meninggalkan jejak di blog pribadi yg sederhana ini..

Mampir juga yuuk bund ke blog butikku di FAYYABUTIK.com

Rabu, 24 Agustus 2016

Masuk Sekolah Pertamanya..


Bismillah..
Curhat ya bund...
Ya Rabb.. ibu mana yang ga galau kalau biasanya pagi-pagi berangkat sekolah ceria, bersemangat ini malah nangis kejer di mobil waktu dianter ayah ke sekolah..
3bulan sdh anak  saya masuk playgroup, usia 4th 1bln pertama sekolah. Niat utamanya membiasakan dia  bersosialisasi dan...
menyalurkan energinya yang menurut saya berlebih untuk anak perempuan seusianya.

Kami memilih sekolah yang banyak kegiatandi luar ruangan.
Pertama masuk sekolah lancar,  meski minta ditemenin tapi ga nempel terus ke saya, dia mau bermain sama temen-temennya di halaman.. alhamdulillah..
Tiba waktuny masuk kelas, Afa (panggilan anak saya) waktu itu engga pakai kaos kaki, pakaian masih bebas berjilbab. Karena di sekolah banyak tumpukan pasir dan tentu anak-anak suka main pasir pastilah itu pasir ikut ke teras juga. Afa engga mau kakinya kena pasir sedikiiitpun astaghfirullah.. jadi rewel, kenapa begini dalam hati padahal saya engga membiasakan dia untuk sedikit-sedikit jijik, aaahhh tapi memang mungkin saya yg salah karena dulu sewaktu baby dan belajar jalan Afa tidak pernah lepas sendal dan menginjak pasir/tanah.. 

Drama pasir teratasi, dia berjalan jinjit di atas keramik sekolah masuk kelas.. Sekarang drama baru dimulai, matahari muali terik oiya Afa sekolah dari jam 7.30 AM - 10.30AM jadi sudah berasa gerah kan diatas jam 9 pagi.. mulailah dia kebingungan lagi.. sekarang ngajak ke mobil, tentu saya larang sambil membujuk untuk tetap mau di area sekolah.. tapi dia malah berontak nangis tambah kenceng teriak2 gemeter angannya.. subhanalloh.. gimana ini.. bingung sendiri saya, ustadzah lalu menghampiri "kenapa Afa" tanyanya sambil senyum.. "gerah mau di mobil ada AC.. jawabnya sambil terisak-isak"
Begini ternyata hasilnya selama ini anakku yang selalu seneng main di dalam rumah adem ber AC sekarang tiba-tiba beraktifitas di luar ruang yang panas membuat dia jadi ga betah..
Apakah hal demikiam hanya terjadi pada anak saya saja?? Tak taulah..
Saya yakin pasti AC (Pendingin ruangan) sekarang sudah menjadi hal biasa di rumah, dan pasti di rumah anak2 yang lain pun memakai pendingin ruangan. Nyatanya mereka tetap bisa menyesuaikan diri kenapa anakku tidakk..?? Astaghfirullah.. istighfar sj dan akhirnya ku gendong lah dia karena sdh engga tega lagi.. nangis tidak henti2 dan baru saya alami sekali ini..

Alhamdulillah.. ada Ayam di sekolah, Afa suka sekali lihat binatang-binatang, maklum di rumah lama kami memang tidak pernah ketemu ayam dkk.. sekarang Afa pindah rumah bund.. di kampung damai saya sebutnya, ia karena saya merasa damai tinggal di kota kecil ini daripada dulu di kota besar yg selalu ruwet setiap hari.. jadi di sekolah masih suka ada ayam yang bekeliaran..
Nak itu ada ayam nak.. hubur saya pada Afa, langsung nangisnya mandeg dan semangat lihat ayam dilanjutkan cerita-cerita tentang ayam.. heeemmm lega yang penting nangisnya berhenti. 

Hari pertama beres sampai jampulang sekolah 10.30. Meski harus melewati drama queen..
Hari ke dua dan seterusnya masih saya temenin, kabar baiknya sekarang Afa mau main di pasir bahkan sudah engga pakai kaos kaki.. sebelumnya selalu pakai kaos kaki setelah drama pasir dihari pertamanya..
Tepat seminggu akhirnya Afa total ditinggal.. saya bisa kembali beraktifitas di rumah kembali jahit-jahit orderan baju di ButikOnline ku..
Iya bund, selama belajar memulai sekolah tidak selalu mulus meski sudah bisa ditinggal. Ketika dirasa lancar kegiatan rutinitas sekolah tetiba kena sakit batuk-pilek, sudah saya perkirakan di awal pasti karena disekolah berinteraksi dg banyak orang.. apalagi pasti ada temennya yang juga pilek batuk, jadi akhirnya nular ke yang lain.. tapi alhamdulillah meski ijin beberapa hari tidak masuk karena engga enak badan, pas masuk sekolah lagi lancar, tapi minta kembali ditemeni beberapa hari..

Hari berganti waktu berlalu..
Tiba libur lebaran, dan nanti masuk lagi di tahun ajaran baru Afa rencana ikut TK..
Di TK lebih disiplin, pulang lebih siang 12.30AM.. sudah mulai banyak jam mengajinya sudah mulai belajar makan sendiri, belajar sholat dhuhur.. was-was campur ga tega tadinya kalo pulang siang, apalagi sekolah Afa muali Senin-Jumat beda dengan sekolah TK lain di kota kami yang hanya beberapa hari saja masuknya dalam satu minggu...
Bisa ga bisa, harus bisa fikirku.. anak harus banyak kegiatan, bermain sama temen-temennya di sekolah jauh lebih baik daripada di rumah saja main gadget menurut saya.

Singkat cerita lebaran telah berlalu liburanpun usai, saatnya masuk sekolah lagi.. satu minggu pertama pulang jam 10AM tentu tanpa masalah tapi saya tungguin untuk pemanasan lagi.. minggu berikutnya jadwal normal sudah mulai pulang siang,..
Pelan tapi pasti Afa bisa melewati meski masih belum berhasil saat kegiatan makan siang..
Jam makan siang saya datang ke sekolah untuk nyuapin. Lama-lama saya berfikir, kalo begini terus kapan Afa belajar mandiri..?? Selain itu peraturan dari sekolah tidak boleh ditungguin setelah lewat 2minggu dari dari pertama masuk tahun ajaran baru.
Iya lagi-lagi saya menguatkan hati saya sendiri. 

Ternyata mengawal anak memulai sekolah itu, ibu nya dulu yang utama HARUS sekolah Hati ya bund.. artinya kita harus menyiapkan hati untuk tega (dalam arti positif loh ya..) jika si anak rewel, anak tiba-tiba mood nya ga baik, anak berselisih antar anak yg akibatnya bikin anak mogok sekolah dll.. ibu harus terus maju menguatkan hati sendiri dl yang ga tega pasti kalo liat anak yg imut ini seperti dalam tekanan, jadi unhappy sejak sekolah.
Dan itulah yang terjadi pada anak saya. Di minggu ke tiga sekolah TK nya, dia tidak bahagia.. :( ada apa, kenapa entahlah..
Mungkin karena dia mulai merasa "berbeda" daripada di playgroup dl..
Karena memang cara mendidik playgroup paati beda kan ya bund dg cara TK yang sedikit demi sedikit anak mulai diajari tanggungjawab, mandiri dan disiplin.
Sementara Afa adalah anak yang terbiasa mengendalikan dan baru belajar dikendalikan.

Pasti semua bunda juga punya cerita, bila putra/putrinya mulai sekolah..
Semua drama ini pasti akan terlewati, alhamdulillah hingga curhat ini saya ketik Afa sekolahnya sudah mulai membaik, meski tangisan kecil waktu mau ditinggal ketika diantar sekolah masih ada, tapi setiap saya jemput dia selalu semangat senyum ceria dan cerita panjang lebar kegiatannya di sekolah tadi meski ceritanya kadang kebalik-balik... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...